NU CARE-LAZISNU bersama Perumda Tirta Bhagasasi Salurkan Air Bersih Kepada Warga yang Alami Kekeringan

NU CARE-LAZISNU bersama Perumda Tirta Bhagasasi Salurkan Air Bersih Kepada Warga yang Alami Kekeringan

Kabupaten Bekasi – Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) PCNU kabupaten Bekasi bekerjasama dengan Perumda tirta bhagasasi dalam rangka distribusi air bersih untuk warga yang terdampak kekeringan di wilayah Kabupaten Bekasi.

Dilandasi dari Pemkab Bekasi, penetapan status Tanggap Darurat Bencana Kekeringan dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Bekasi Nomor : HK.02.02/Kep.532-BPBD/2024 pertanggal 30 Agustus 2024 yang ditandatangani oleh Pj Bupati Bekasi Dedy Supriyadi. 

Kegiatan yang bekerjasama dengan Perumda Tirta Bhagasasi ini merupakan bagian program daripada PDAM dalam tindak lanjut mengurangi dampak kekeringan yang terjadi di wilayah Kabupaten Bekasi diantaranya kecamatan Cabangbungin, Muara Gembong Sukawangi, Karangbahagia, Babelan, Serang Baru, dan Cibarusah. Agenda ini merupakah kolaborasi dua Lembaga sebagai bentuk kepedulian terhadap Masyarakat kabupaten Bekasi untuk mendistribukan air yang digunakan warga setempat.

Peningkatan status dari siaga ke tanggap darurat kekeringan dilihat dari dampak kemarau. Dari mulai kekeringan pada lahan pertanian juga sulitnya memperoleh air bersih bagi warga di beberapa kecamatan. 

“Berdasarkan arahan Ketua NU CARE-LAZISNU Kabupaten Bekasi, dan dari sisi kemanusiaan kita harus bantu saudara-saudara kita yang terdampak kekeringan yang sedang melanda. Maka itu kami menjalin kerja sama dengan Perumda Tirta Bhagasasi.” Ungkap Affandy selaku Sekretaris NU CARE-LAZISNU, Rabu (25/09/2024).

Pendistribusian air dilaksanakan selama tiga hari. Hari pertama pada senin (23/09/2024) dilaksanakan di Kecamatan Cabangbungin, muara Gembong, dan Sukawangi. Hari kedua selasa (24/09/2024) dilaksanakan di Kecamatan Karangbahagia bertempatan pada desa sukaraya dan Kecamatan Babelan. Hari terakhir Rabu (25/09/2024) dilaksanakan di kecamatan Cibarusah dan Serangbaru.

Maka dari itu, dalam rencana aksi yang telah dilaksanakan, melibatkan seluruh pengurus NU CARE-LAZISNU Kabupaten Bekasi Bersama Perumda Tirta Bhagasasi melakukan pencanangan dalam rangka darurat kekeringan. Dalam hal ini dua Lembaga ini Mengupayakan untuk mengatasi kekeringan yang terjadi secara berkala. Tentunya berharap dengan terlaksananya distribusi air bersih dapat membantu warga sekitar untuk memenuhi dalam kebutuhan sehari – hari.

Risma Dika Alvianti (redactor).

(Tim)

Related Articles

Stay Connected

20,826FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles