Menteri Tjahyo Kumolo Resmikan Mall Pelayanan Publik di Bekasi

Menteri Tjahyo Kumolo Resmikan Mall Pelayanan Publik di Bekasi

Kabupaten Bekasi – Mall Pelayanan Publik (MPP) ke-46 di Indonesia hadir di kabupaten Bekasi untuk melayani masyarakat yang berada di kota Industri tersebut. Sejumlah layanan telah tersedia dalam satu Gedung sehingga masyarakat dapat memanfaatkan waktu secara efektif dan efesien.

Lahirnya MPP di Kabupaten Bekasi diharapkan dapat memangkas prosedur pelayanan yang panjang dan berbelit-belit. Dengan pelayanan yang ramah dan mudah ini, juga diharapkan akan berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi setempat.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo dalam sambutannya saat meresmikan MPP Kabupaten Bekasi, Rabu, 17 November 2021.

“Saya berharap agar MPP Kabupaten Bekasi dapat memberikan pelayanan secara konsisten dan berkelanjutan, memelihara dan meningkatkan kualitas sarana dan prasarana yang sudah tersedia, serta meningkatkan koordinasi dengan lintas instansi sehingga semakin banyak jenis layanan yang diberikan sesuai kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

“Berlokasi di wilayah Industri, MPP Kabupaten Bekasi siap hadir untuk melayani investasi di wilayah Kabupaten Bekasi serta mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi dan perizinan lainnya”, ungkap Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Diah Natalisa di Jakarta, Selasa (16/11/2021).
Dikatakannya MPP Kabupaten Bekasi merupakan Komitmen dari Pemerintah àKabupaten Bekasi untuk mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bekasi telah menandatangani komitmen penyelenggaraan MPP pada tahun 2020 lalu. Peresmian Mall Pelayanan Publik oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan AA
“MPP Kabupaten Bekasi menjadi MPP ke enam di Provinsi Jawa barat setelah MPP Kota Bogor, MPP Kabupaten Sumedang, MPP Kabupaten Purwakarta, MPP Kota Bekasi dan MPP Kabupaten Karawang”, tambahnya.

Senada Plt Bupati Bekasi H Akhmad Marjuki, Mall Pelayanan Publik ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk mengurus segala keperluan sehingga dapat menghemat waktu.

“Kita disini melayani pelayanan administrasi, perizinan, dan non-perizinan. Tidak perlu jauh-jauh ke kantor Pemda, untuk menyelesaikan keperluan kependudukan, perbankan, pengurusan SIM, perizinan dan lainnya”, ujarnya.

Dia mengatakan ada 20 instansi yang ikut serta dalam MPP yang berada dilokasi yang strategis atau tepatnya berada di Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Cikarang Utara. MPP Kabupaten Bekasi menempati lokasi yang sama dengan Lotte Grosir Cikarang dengan luas lahan 1000 Meter Persegi dengan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.

“Saya juga berharap agar kedepan bertambah lagi tenant tenant yang bergabung dalam Mall Pelayanan Publik Kabupaten Bekasi dengan inovasi-inovasi nya yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” imbuhnya.
Disampaikannya rencana pengoperasian MPP tersebut sudah direncanakan dari awal tahun 2020, namun dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, khususnya Kabupaten Bekasi, maka pengoperasian mall tersebut tertunda.

“Alhamdulillah, saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi telah mereda dan telah memasuki PPKM level 1, Sehingga kita pada akhirnya dapat mulai mengoperasikan MPP ini dengan maksimal, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Ia juga menjelaskan di MPP tersebut sudah dilengkapi dengan adanya berbagai fasilitas pendukung seperti mesin antrian, mesin anjungan Disdukcapil Mandiri, TV antrian gerai layanan untuk masyarakat berkebutuhan khusus, lounge investasi, gerai nikah, juga ada sarana ibadah ruang bermain anak, ruang interaksi, pojok baca dan coffe corner.

“Mari kita bersama jaga dengan sebaik-baiknya. Semoga Pemkab Bekasi, tentunya dengan dukungan dari Kementerian PAN-RB, dapat membuka MPP di tempat-tempat lainnya di Kabupaten Bekasi, sehingga kita dapat menjangkau seluruh masyarakat,” terangnya.

Adapun ke-20 instansi yang ada di Mall Pelayanan Publik tersebut, Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Kantor Pos Cikarang, Disdukcapil Kabupaten Bekasi, BPJS Kesehatan Cikarang, , BPJS Ketenagakerjaan Cikarang serta Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi.

Selanjutnya ada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Taspen Bekasi, Polres Metro Bekasi, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Pengadilan Negeri Cikarang, Kejaksaaan Negeri Cikarang dan BPN Kabupaten Bekasi.

Kemudian Ditjen Pajak Wilayah Jabar II, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi, DPMPTSP Kabupaten Bekasi, DPMPTSP Provinsi Jawa Barat, Bank BJB Cabang Cikarang, Samsat serta Ditjen Bea Cukai Jawa Barat.

(Novian/Redaksi)

Related Articles

Stay Connected

20,826FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles