Tidak Hanya COVID-19, Penyakit Hipertensi Perlu Dikendalikan, Warga Mekarmukti Miliki Program “Si Galih”

Tidak Hanya COVID-19, Penyakit Hipertensi Perlu Dikendalikan, Warga Mekarmukti Miliki Program “Si Galih”

GUE JABAR | Kabupaten Bekasi – Budiarti Agung Saputri yang akrab disapa Putri (Mahasiswi Universitas Negeri Semarang), menggalakkan pencegahan COVID-19 dan hipertensi di Desa Mekarmukti melalui program “Si Galih (Siap Cegah dan Kendalikan Hipertensi)”.

Program ini dilaksanakan sebagai dalam bentuk edukasi, advokasi tokoh masyarakat, dan senam sehat bersama setiap minggunya.

Program “Si Galih” sebagai upaya pencegahan sekaligus penurunan prevalensi hipertensi di Desa Mekarmukti tepatnya di wilayah RW 09 Perum Cikarang Baru tepatnya di Blok Kedasih dan Merak.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana tekanan darah sistolik > 140 mmHg dan diastolik > 90mmHg.

Penyakit hipertensi dapat disebabkan dari beberapa faktor seperti keturunan, obesitas, merokok, konsumsi garam berlebih, konsumsi alkohol berlebih, stress, dan kurang aktivitas fisik.

Seperti hal nya COVID-19, penyakit Hipertensi dapat dicegah. Apabila penyakit tidak terkontrol, tekanan darah tinggi lambat laun bisa merusak sejumlah organ vital, seperti jantung dan ginjal.

Karena itu, orang yang mengidap hipertensi sangat berisiko mengalami kondisi yang lebih parah ketika terinfeksi virus corona.

Oleh karena itu, Putri bekerja sama dengan Desa Mekarmukti mengajak masyarakat Kabupaten Bekasi untuk giat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) khususnya rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit dan mengatur asupan garam, gula, minyak serta disiplin protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

(Redaksi)

Related Articles

Stay Connected

20,826FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles