Terkait Amblasnya Tanggul Citarum, Kades Lengah Jaya Minta Perhatian Presiden Agar Secepatnya Diperbaiki

Terkait Amblasnya Tanggul Citarum, Kades Lengah Jaya Minta Perhatian Presiden Agar Secepatnya Diperbaiki

GUE JABAR | Kabupaten Bekasi – Kepala Desa Lengah Jaya, Kecamatan Cabang Bungin, Kabupaten Bekasi Sadi minta perhatian Presiden Jokowi agar turun melihat langsung kondisi tanggul sungai citarum di daerahnya yang kondisinya sangat mengkhawatirkan.

Ia pun meminta Presiden Jokowi agar cepat cepat memperbaiki tanggul tersebut. Bila tidak, bencana besar akan melanda desa kami dan kami semua akan tenggelam.

Permintaan tersebut disampaikan Kepala Desa Lengah Jaya Sadih lewat wartawan Media Analis Indonesia (MAI) saat meninjau tanggul sungai citarum sektor 20 yang terletak di Kampung Tapak Serang Rt 03 Rw 05 Desa Lenggah Jaya, Kecamatan Cabang Bungin, Kabupaten Bekasi, Senin (3/1/2022).

Dalam peninjauan tersebut Kades sadih dan kades setia jaya didampingi Damramil 03czi sunu,akp.rabiin, kapolsek cabang Bungin serta sdr.karya dari media pewarta Begitu melihat keadaan tanggul lurah sadih dan sarino setia jaya terlihat begitu khawatir, yang dikhawatirkan bukan hanya soal jebolnya tanggul semata, tapi khawatir terhadap dampak buruk yang akan menimpa warganya yang dipastikan akan tenggelam bila sungai citarum meluap dan tanggul jebol.

Menurut pantauan wartawan Media Analis Indonesia (MAI) yang ikut dalam peninjauan tersebut melaporkan kondisi tanggul memang benar benar parah dan sangat mengkhawatirkan. Betapa tidak, tanggul saat ini hanya di topang oleh bambu bambu dan batu kali yang diikat hanya menggunakan kawat. Bisa dibayangkan bila intensitas hujan tinggi dan debit air sangat besar sudah dipastikan air sungai meluap dan tanggul pasti akan jebol.

Kepala Desa Lengah Jaya Sadih dan sarino setia jaya mengatakan, kondisi tanggul sungai Citarum sektor 20 yang kondisinya sangat memprihatinkan itu agar cepat ditangani, apalagi sekarang sudah masuk musim penghujan, diprediksi lagi intensitas hujan akan makin meninnggi dibulan Januari ini,

“kalau tidak cepat cepat ditangani bencana besar akan melanda desa kami, sungai citarum meluap dan tanggul jebol, maka sudah bisa dipastikan daerah sekitar akan tenggelam,” ungkap sadih kepaala desa lenggah jaya dan sarino setia jaya kecamatan cabang bungin kab.bekasi cemas.

Menurut Sarino, sungai citarum di kala musim penghujan biasanya debitnya airnya sangat besar di karenakan adanya air kiriman dari aliran sungai bandung yang tumplek ke kali citarum.

“Karena itu kami meminta langsung ke pemerintah pusat ke bapak presiden Jokowi agar memperhatikan keadaan daerah kami dan bergerak cepat memperbaiki tanggul agar daerah kami terhindar dari banjir besar yang menenggelamkan daerah kami,” pungkas Sarino kepala desa setia jaya dan sadih kepala desa lenggah jaya kecamatan cabang bungin kab.bekasi penuh harap.

(Iddarrukmana)

Related Articles

Stay Connected

20,826FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles