PMII Karawang Siap Berkontribusi dalam Gelaran Pemilu 2024

PMII Karawang Siap Berkontribusi dalam Gelaran Pemilu 2024

GUE JABAR | KARAWANG – Pemilu 2024 akan dilaksanakan beberapa bulan mendatang, pesta demokrasi 5 tahunan ini menjadi momentum yang sangat penting karena sebagai penentu nasib bangsa Indonesia. Pelaksanaan Pemilu tidak pernah terlepas dari pengawasan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), sebagai sebuah lembaga yang bertanggung jawab atas jalannya Pemilu yang jujur dan adil.

“Dalam agenda lima tahunan ini, kami PMII Karawang berkomitmen untuk menjadi bagian daripada proses pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Karena secara history, mahasiswa tidak pernah luput dari proses perjalanan bangsa Indonesia. Oleh karena itu kami menekadkan diri untuk itu.” Ucap Edwin Gunawan.

Menurutnya, PMII Karawang sudah berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten Karawang mengenai hal tersebut.

“Kami telah melakukan pertemuan dengan Bawaslu Kabupaten Karawang, bersama para komisioner dan jajaran sekretariat Bawaslu Kabupaten Karawang, dalam pertemuan tersebut kami membahas secara bersama-sama mengenai lembaga Pemantau Pemilu di Kabupaten Karawang.” Lanjutnya.

Setelah melaksanakan pertemuan, Sekretaris Umum PC PMII Karawang menerangkan bahwa proses menjadi lembaga Pemantau Pemilu harus melalui pendaftaran secara administrasi.

“Proses pendaftaran secara administrasi langsung kami tempuh, agar secara sah terdaftar dalam sistem yang dimiliki oleh Bawaslu. Antusias kami disambut dengan baik oleh jajaran Bawaslu Kabupaten Karawang.” Terang Edwin Gunawan (Sekretaris Umum PC PMII Karawang)

Selain itu, Edwin Gunawan juga menyinggung mengenai netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pemilu 2024.
“Fokus utama kami yaitu netralitas ASN dalam gelaran Pemilu 2024 nanti, mengenai hal tersebut sudah sangat jelas diatur dalam beberapa peraturan perundang-undangan, salah satunya termaktub dalam Pasal 2 UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN, terakhir Pemerintah juga mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang netralitas  ASN pada Pemilu 2024 nanti. Kami dibekali formulir laporan oleh Bawaslu Kabupaten Karawang, untuk itu kami tidak akan segan-segan melaporkan temuan pelanggaran yang dilakukan oleh ASN ataupun peserta Pemilu 2024.” Tegasnya.

Di akhir, Sekretaris Umum PC PMII Karawang ini berharap bahwa Pemilu 2024 akan berjalan dengan semestinya, mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan.

“Ada harapan-harapan besar yang kami miliki pada Pemilu nanti. Pertama, kami berharap bahwa Pemilu sekarang ini grassroot tidak lagi terjebak dalam pusaran perdebatan yang menimbulkan perpecahan. Kedua, dengan keikutsertaan kami sebagai Pemantau Pemilu, kami berharap kinerja kami dapat mengantisipasi kecurangan dan pelanggaran dalam Pemilu, karena menurut kami Pemerintahan yang baik terbentuk melalui sistem pemilihan yang taat asas luber jurdil. Yang jelas kami sangat mendambakan kedamaian dalam event Pemilu ini.” Edwin Gunawan.

(Redaksi)