Satreskrim Polsek Cikarang Slelatan Berhasil Ungkap Kasus Dokter Palsu, Sudah 5 Tahun Beroperasi

Satreskrim Polsek Cikarang Slelatan Berhasil Ungkap Kasus Dokter Palsu, Sudah 5 Tahun Beroperasi

GUE JABAR | KABUPATEN BEKASI – Polisi berhasil mengungkap dan menangkap seorang dokter palsu yang sudah beroperasi kurang lebih 5 tahun di Perumahan TCI, Desa Ciantra, Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi, Jumat 15/03/2024.

Sebuah Klinik yang bernama Pratama Keluarga Sehat digrebek oleh polisi usai mendapatkan informasi terkait adanya praktek seorang dokter yang ternyata dokter gadungan (Palsu) yang bernama ITB dan berhasil mengamankan beberapa alat bukti yang disita oleh polisi.

Tersangka yang menjadi dokter gadungan tersebut ITB dengan nama asli SN.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Twedy Aditya Bennyahdi saat konferensi Pers mengatakan bahwa pelaku sudah menjalani usaha kliniknya sejak tahun 2019 dan sudah banyak masyarakat yang berobat di klinik tersebut.

“Klinik tersebut sudah beroperasi sejak September 2019 hingga saat saya penggerebekan dan kini sudah terbukti bahwa pelaku tidak bisa menunjukan legalitasnya sebagai dokter seperti STR dan SIP,” Terangnya.

Twedy juga mengatakan bahwa pelaku merupakan pernah menjalani pendidikan medis di kota asalnya.

“Pelaku bisa menjalani praktek tersebut (menjadi dokter gadungan) karena pernah menjalani pendidikan medis di kota asalnya (Pati Jawa Tengah) dan melakukan praktek menjadi dokter gadungan di Bekasi hingga 5 tahun ini,” Tambahnya.

Ditempat yang sama Kadinkes Kabupaten Bekasi dr.Alamsyah mengatakan bahwa dari pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Puskesmas terus melakukan pembinaan kepada tempat praktek kesehatan seperti klinik dan bidan mandiri di setiap wilayahnya serta melakukan pelaporan setiap 6 bulan sekali.

Atas tindakan nya pelaku dijerat dengan pasal berlapis diantaranya UURI pasal 439 dan atau 441 tentang Kesehatan dan pasal 378 KUHPidana dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

(Erv)

Related Articles

Stay Connected

20,826FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles