Soroti Program PTSL, PMII Kabupaten Bandung lakukan Audensi

Soroti Program PTSL, PMII Kabupaten Bandung lakukan Audensi


GUE JABAR | Bandung – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Kabupaten Bandung melakukan audensi kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bandung terkait program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung, Komplek Perkantoran Pemda, Jl. Raya Soreang Bandung, Kamis (28/3/2024).

Upaya Reforma Agraria Presiden Jokowi dimanifestasikan dengan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang diharapkan dapat menjawab permasalahan pertanahan di Indonesia.

Program tersebut secara regulasi dilakukan secara berkesinambungan meliputi pengumpulan, pengolahan, pengukuran dan pembukuan dengan skala ideal, yang dilakukan oleh tim dari BPN Kabupaten Bandung.

Menurut ketua PMII kabupaten Bandung, program PTSL ini sangat membantu masyarat dalam mewujudkan kepastian hukum. Akan tetapi menyisakan banyak masalah yang fundamental

“Saya kira, program ini (PTSL) sangat membantu masyarakat dalam mewujudkan kepastian hukum. Namun kami menemukan banyak masalah dalam pelaksanaanya, seperti kesalahan pengukuran, tertukar nomor bidang, bahkan sertifikat pemohon yang belum keluar 5 sampai 6 tahun” Ujar Didin, ketika ditemui setelah Audensi.

Agus Gumilar selaku ketua eksternal menegaskan BPN Kabupaten Bandung perlu responsip dalam menerima laporan masalah pemohon yang ada di lapangan, demi lancar dan suksesnya program PTSL pada tahun-tahun berikutnya

“Pelayanan tim PTSL dari BPN Kabupaten Bandung harus cepat tanggap dan progres dalam memperbaiki persoalan-persoalan pemohon yang ada di lapangan, sehingga program PTSL di tahun 2024 bisa di realisasikan, jangan sampe sertifikat program PTSL tahun-tahun lalu belum keluar, tapi BPN sudah merencakan PTSL tahun yang akan datang”. Ujar Agus.

PMII Kabupaten Bandung
diterima dengan baik oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Bandung, Rahmat A. Ia mengatakan, aspirasi dari PMII akan ditindaklanjuti secepatnya dan mengapresiasi serta mengucapkan terimakasih atas apa yang dilakukan oleh PMII kabupaten Bandung untuk menunjang pembangunan masyarakat Kabupaten Bandung.

PC PMII Kabupaten Bandung mendukung penuh program PTSL Kabupaten Bandung yang transparan dan berintegritas demi terwujudnya kepastian hukum dan peningkatan kesejahteraan masyarakat kabupaten Bandung.

Penulis : Novian Ramadhan