FPSTI Gelar Acara Festival Ibing Pencuk dan Festival Silat Tradisi Kapolres Cup

FPSTI Gelar Acara Festival Ibing Pencuk dan Festival Silat Tradisi Kapolres Cup

GUE JABAR | KABUPATEN BEKASI – Federasi Pencak Silat Tradisi International (FPTSI) Kabupaten Bekasi gelar event Festival Ibing Pencuk dan Festival Silat Tradisi Kapolres Cup di Graha Wibawa Pariwisata, Cikarang Timur Kabupaten Bekasi, selama 2 hari Sabtu dan Minggu 22-23 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa padepokan silat se-Indonesia, yang datang dari beberapa provinsi di Indonesia dengan mendaftarkan murid terpilih untuk mengikuti lomba Gerak Silat Khas Bekasi.

RD. Faried Natawiraguna selaku ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan ini untuk menumbuhkan Budaya dan memperkenalkan Gerak Silat Khas Bekasi kepada dunia dan sebagai bentuk untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Budaya Bekasi dan ini kegiatan perdana yang diselenggarakan.

“Ini kegiatan perdana yang kita laksanakan dan ini sebagai bentuk untuk menumbuhkan cinta kepada Budaya kabupaten Bekasi melalui Gerak Silat Khas Bekasi yang diikuti oleh Padepokan se-Indonesia dari berbagai Provinsi,” Ucap Ketua Panitia.

Dirinya (Farid-red) juga mengatakan bahwa Bekasi sendiri memiliki Gerakan silat yang sudah dikenal baik se-Indonesia bahkan Internasional karena sudah mengikuti beberapa ajang Pencak Silat di International yaitu Jurus Cibarusahan.

“Kita di Bekasi sendiri memiliki Gerak Silat yang Khas yang sudah dikenal se-Indonesia bahkan manca negara atau Internasional yaitu Gerak Silat Jurus Cibarusahan yang sudah mengikuti ajang di seluruh Indonesia hingga Internasional,” Ungkapnya.

Lanjut Farid, “Saya berhara agar IBING PENCUG (Gerak Silat Khas Bekasi) menjadi salah satu Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO, dan bisa lebih mendunia,” Harapnya.

Sayang nya kegiatan ini kurang mendapat respon dari dinas terkait dari pemerintah Kabupaten Bekasi karena tidak ada yang menghadiri kegiatan perdana yang digelar untuk meningkatkan kecintaan kepada Budaya Bekasi yaitu Gerak Silat Khas Bekasi (Ibing Pencuk dan Silat Tradisi).

(Erv/Redaksi)

Related Articles

Stay Connected

20,826FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles