Budi Daya Ikan Hias, Salah Satu Cara Efektif Meningkatkan Ekonomi Disaat Pandemi

foto ilustrasi google

Guejabar.com – Bogor

Pandemi Covid-19 menimbulkan dampak yang cukup besar bagi perekonomian Indonesia karena perekonomian dunia yang melemah. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, mencatat 17,8% perusahaan melakukan PHK selama masa pandemi.

Di samping itu, pemerintah juga telah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar dan menghimbau warganya untuk berdiam di rumah dan melakukan segala aktivitas dari rumah. Hal ini membuat warga masyarakat termasuk para korban PHK harus berpikir keras untuk mengatasi persoalan ini. Segala aktivitas dibatasi namun segala kebutuhan harus tetap terpenuhi.

Dilansir dari yoursay.suara.com dan yoursay.id Febriansyah, warga Kampung Cihauk, RT 01, RW 01, Desa Cogreg, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, yang mencoba usaha ikan hias semenjak pandemi bisa mengatasi ekonomi keluarga.

Febri adalah salah satu dari warga masyarakat yang terdampak pandemi ini, dengan hanya berbekal ijazah SMA merupakan hal yang sulit baginya untuk mendapatkan pekerjaan di tengah situasi seperti ini. Ia terus berusaha untuk mencari solusi usaha apa yang cocok baginya dan akhirnya ia tertarik pada usaha ikan hias.

“Pada awal masa pandemi, saya sempat bingung mencari solusi usaha karena adanya peraturan yang mengharuskan untuk tetap berdiam di rumah. Akhirnya, budidaya ikan hias menjadi pilihan saya. Meskipun awalnya saya tidak mempunyai pengetahuan tentang budidaya ikan hias tapi saya terus belajar dan Alhamdulillah saya telah memperoleh hasil yang cukup memuaskan dari usaha budidaya ikan hias ini,” ujar Febri, Pengusaha Ikan Hias, pada Minggu (16/05/21).

Ada beberapa hal yang membuatnya tertarik pada usaha ikan hias:

  1. Bisa memulai usaha dengan modal yang tidak terlalu besar.
  2. Perawatannya tidak terlalu sulit.
  3. Pemasarannya yang mudah.
  4. Harga jualnya relatif stabil.

Berawal dari 2 buah kolam ikan hias yang berukuran 3×2 meter dengan modal Rp1.000.000,00 dan hanya jenis ikan mas koki dan ikan koral yang dibudidayakan, karena menurutnya paling mudah perawatannya. Kini Febri telah memiliki 7 kolam ikan hias dengan jenis yang lebih banyak seperti ikan cupang, mas koki, koral, guppy, dan manfish.

Usahanya semakin berkembang hingga ia bisa memperoleh penghasilan rata-rata Rp3.000.000,00 – 4.000.000,00 setiap bulan. Dengan penghasilan tersebut, kini ia bisa memenuhi kebutuhannya. Saat ini, Febri masih berusaha untuk memperluas usahanya dengan menambah kolam dan menambah jenis ikan hias yang akan ia budidayakan.

Usaha ikan hias dapat menjadi solusi yang cukup menjanjikan di tengah kesulitan ekonomi pada masa pandemi. Bagi masyarakat kecil dengan keterbatasan modal dan pendidikan, usaha ikan hias dapat menjadi sumber mata pencaharian baru. Selain modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, cara merawatnya yang mudah dan harganya yang relatif stabil membuat banyak orang mencoba usaha ini dan menjadi sukses.

Sumber : Yoursay.id

Related Articles

Stay Connected

20,826FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles