Peringati Hari Air Sedunia, Sejumlah Komunitas Bersama Perusahaan Bersihkan Kali Cikarang

Peringati Hari Air Sedunia, Sejumlah Komunitas Bersama Perusahaan Bersihkan Kali Cikarang

GUE JABAR | KABUPATEN BEKASI – Rehab Kali Cikarang  Aksi bersih bersih sungai Cikarang  bersama komunitas dan relawan lingkungan hidup dalam rangka Hari Air Sedunia di Kp Pengkolan, RT 02/04 Desa Kalijaya, Cikarang Barat kabupaten Bekasi pada sabtu (18/3/2023).

Kegiatan ini adalah hari air sedunia yang bertemakan ” Merawat sungai untuk keberlangsungan hidup” merupakan program kami rehab Kali Cikarang untuk membersihkan Kali Cikarang. Kegiatan ini  juga bertujuan untuk mengkampanyekan perubahan perilaku masyarakat untuk lebih peduli lingkungan terutama kepada kualitas air sungai yang lebih baik.

“Adapun kegiatan ini kita libatkan anak anak agar mereka bisa memahami bagaimana membuang sampah yang benar” Ucap Muhammad Yahya ketua Rehab Kali Cikarang 

Adapun menurutnya,di belakang pemukiman  ini adanya penyumbatan penyumbatan saluran air, bahkan kami sudah bergerak hampir empat tahun belum selesai. 

“Empat taun kami begerak sampah di sini belum klar klar seperti sampah, pembuang oli, limbah cair berwarna ,padahal kami sudah share informasi ke beberapa media sosial” Ucapnya.

Sementara itu perwakilan tim CSR   dari pihak Perusahaan PT FajarPaper Kurniawan mengatakan bahwa kami mendukung atas inisiasi rehab Kali Cikarang yang melakukan hari air sedunia 

“Kami terpanggil untuk Aksi giat ini, di undang oleh rehab Kali Cikarang. Maka ini wujud kepedulian kami dari pihak perusahaan  secara sosial terkait sungai yang ada di Cikarang ” Ujarnya

Di akuinya menurut dia, sungai ini sendiri yang saya dengar jauh berbeda di banding beberapa tahun yang lalu,di banding masa sekarang yang sudah cukup parah, dia berharap mudah-mudahan kita dengan niat yang ikhlas dan kerjasama dengan temen temen rehab dan masyarakat sekitar kita dapat mengembalikan, minimal tatanan bisa agak lebih baik, syukur bisa seperti dulu lagi yang asri dan nyaman.

Pihak Kecamatan Cikarang Barat yang di wakili oleh Kasie Trantib  Supriadi menjelaskan bahwa kami atas nama pemerintahan kecamatan Cikarang Barat sangat mendukung kegiatan ini yaitu hari air sedunia.

” Atas inisiasi rehab Kali Cikarang dan temen temen komunitas sudah melaksakan giat ini, apalagi sudah banyak membantu kegiatan positif di wilayah Kecamatan kami terutama edukasi pada anak anak sekolah tentang lingkungan, khususnya tentang  sungai yang berkaitan dengan kehidupan” Tuturnya. 

Mudah-mudahan kedepannya, Supriadi berharap agar kegiatan ini terus berkesinambungan.

Ahmad bin Olim sebagai tokoh masyarakat Cikarang Barat yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan, jika di lihat keadaan sekarang, saat ini bahwa sungai yang ada di Cikarang sudah terlihat parah, jauh di banding beberapa waktu sekitar lima belas tahun silam.

” Saya klo boleh berpendapat sedih melihat sungai sekarang ,banyak sampah, pohon tumbang ke sungai sehingga kurang nyaman di lihat dan di rasakan, jauh bnget bang perbandingannya” Ucap Ahmad.

Keinginannya berharap mudah-mudahan atas keterlibatan serta  dukungan aktif temen temen rehab Kali Cikarang dan komunitas lingkungan hidup, sungai bisa menjadi baik jangan semakin jorok dan parah.

 ” Saya juga berharap pada masyarakat sekitar atau dimana saja berada, cobalah jaga lingkungan kita atau sungai kita biar bersih ,jangan buang sampah semaunya ,sungai  bening kaya dulu bagus liatnya” Tuturnya Ahmad

Kegiatan hari air seduniapun di  lakukan penanaman pohon , tebar benih ikan patin dan baung, Pemungutan  sampah di sungai dan bantaran  sungai  serta penampungan sampah dalam karung yang di angkut ke tempat pembuangan sampah akhir serta di adakannya mancing bersama sebagai pelepas  lelah sehabis melaksakan giat Aksi bersih bersih sampah.

(Tim)

Related Articles

Stay Connected

20,826FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles