Sambut Tahun Baru Islam, Mahasiswa KKN UIN Bandung dan Warga Dusun Sukamandi, Desa Ciasem Girang Subang Lakukan Pawai Obor

Sambut Tahun Baru Islam, Mahasiswa KKN UIN Bandung dan Warga Dusun Sukamandi, Desa Ciasem Girang Subang Lakukan Pawai Obor

GUE JABAR | SUBANG – Ratusan Warga Dusun Sukamandi, Desa Ciasem Girang, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang melakukan pawai obor pada Selasa Malam, 18 Juli 2023 kemarin.  Pelaksanaan pawai obor tersebut dalam rangka menyambut serta memeriahkan peringatan Tahun Baru Islam 1445 H.

Pelaksanaan Pawai obor tersebut diikuti oleh beragam kalangan, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. Terlihat sekali antusias yang luar biasa dari Warga Dusun Sukamandi tersebut, tepatnya Warga RT 30 RW 08 dalam peringatan malam tahun baru Islam pada kali ini.

“Pawai obor dalam menyambut tahun baru Islam ini ialah hal rutin yang biasa warga sukamandi, tepatnya rt 30 ini lakukan dalam menyambut tahun baru Islam setiap tahunnya”, ucap Ibu Rosi selaku Penanggungjawab panitia pawai obor kali ini.

Terlihat pelaksanaan pawai obor di mulai pada Bada Isya atau sekitar pukul 19.30 pada Selasa malam. Start dimulai dari halaman Musholla Miftahul Jannah kemudian lanjut konvoi berjalan mengitari daerah Dusun Sukamandi dan kembali Finnish di Halaman Musholah Miftahul Jannah.

Pawai obor kali ini diiringi dengan alunan Sholawat dan pukulan bedug yang dipukul oleh remaja musholla Miftahul Jannah. Tercatat, lebih dari 100 obor juga disiapkan dalam perayaan malam tahun baru Islam pada kali ini. “Jumlah obor yang kita siapkan untuk pawai kali ini lebih dari 100, dan Alhamdulilah, dalam hal pendanaan kita mandiri, dimana kita mengajak masyarakat untuk membeli obor yang kita buat ketimbang kita keliling meminta sumbangan”, ucap Yudi, Kepala Dusun Sukamandi.

Pada pelaksanaan pawai obor Tahun ini, warga dan remaja Dusun Sukamandi juga di bantu oleh rombongan mahasiswa/i KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Terlihat, ada 14 mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang sedang melaksanakan KKN ikut serta dalam membantu persiapan hingga pelaksanaan peringatan Tahun baru Islam kali ini.

“Alhamdulilah, bersama-sama dengan Warga dan remaja musholah Miftahul Jannah Sukamandi ini kita dapat melaksanakan agenda tahunan pawai obor. Kami sendiri selaku mahasiswa KKN benar-benar antusias melihat semangat Warga kali ini. Kita yang berjumlah 14 orang ikut juga membantu persiapan serta pelaksanaan dalam memeriahkan Pawai obor kali ini”, ucap Suhail selaku anggota Kelompok 331 KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

(Nov)