Pawai Dongdang dan Lomba Tumpeng Antar RW menjadi Ciri Khas Desa Ciantra dalam Sambut HUT RI

Pawai Dongdang dan Lomba Tumpeng Antar RW menjadi Ciri Khas Desa Ciantra dalam Sambut HUT RI

GUE JABAR | KABUPATEN BEKASI – Masyarakat Desa Ciantra Serbu kantor desa secara bergantian dengan berbagai macam keunikan dan kreasi sambil membawa nasi tumpeng dalam memeriahkan HUT RI ke-78, Kamis 17/08/2023.

Kedatangan masyarakat ke kantor desa Ciantra guna mengikuti Karnaval atau lomba Dongdang yang diselenggarakan Kepala Desa Ciantra Mulyadi Fernando yang biasa disapa Bang Bule guna mengikuti lomba kreatifitas dari masing masing RW.

Terlihat setiap team masing masing RW menunjukan kreatifitasnya dengan membuat hiasan alat perang dan bergaya layaknya seperti pejuang, selain itu para team masing masing RW juga membuat nasi tumpeng yang juga dilombakan di kantor Desa Ciantra tersebut.

Team penilai sendiri adalah seluruh panitia yang seluruhnya dari aparatur pemerintahan desa Ciantra yang dipimpin langsung oleh kepala desa Ciantra Bang Bule.

Terlihat antusiasme masyarakat yang mengikuti dan datang untuk melihat secara langsung Karnaval kemerdekaan yang diselenggarakan oleh kepala desa Ciantra, sejak pagi sudah memadati kantor desa dan jalan jalan yang mengarah ke kantor desa Ciantra.

Kepala Desa Ciantra sengaja mengadakan acara ini guna meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat dan juga mengobati rasa rindu masyarakat setelah 2 tahun pandemi dan tidak bisa melakukan kegiatan pada HUT RI sebelumnya.

“Ini semua demi menumbuhkan jiwa nasionalisme masyarakat dan mengobati rindu masyarakat setelah 2 tahun dilanda pandemi dan tidak bisa melakukan kegiatan pada HUT RI sebelumnya,” Ungkap Kades Ciantra yang biasa disapa Bang Bule.

Bang Bule juga mengatakan bahwa ini yang kedua kali nya dirinya melakukan kegiatan perayaan dalam rangka menyambut HUT RI dalam lomba kreatifitas dan ada juga lomba lainya yang diperlombakan.

“Ada banyak yang diperlombakan sebelumnya yang nantinya akan diserahkan di malam puncak perayaan dengan memberikan hiburan rakyat yang nanti akan diselenggarakan di halaman kantor desa,” Pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri langsung oleh Camat Cikarang Selatan Muhammad Said beserta jajaran untuk memeriahkan dan memberikan penilaian serta penilaian dalam lomba tumpeng tersebut.

(Erv)