Antisipasi Gangguan Pemilu 2024, Polres Metro Bekasi Gelar Sispamkota

Antisipasi Gangguan Pemilu 2024, Polres Metro Bekasi Gelar Sispamkota

GUE JABAR | KABUPATEN BEKASI – Kurang dari lima bulan Pemilihan Umum baik dari Pilpres, Pileg, dan juga Pilkada pada tahun 2024 akan segera digelar di seluruh Indonesia termasuk Kabupaten Bekasi.

Keamanan akan menjadi aspek penting untuk mengawal berlangsungnya pesta demokrasi yang aman dan nyaman bagi seluruh kalangan.

Untuk itu Polres Metro Bekasi menggelar Pelatihan Kepolisian Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota). Ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan penanganan konflik sosial dan menjaga keamanan selama pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mendatang.

Pelatihan ini dipimpin langsung Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Twedi Aditya Bennyahdi dengan didampingi Pejabat Utama (PJU) Polres Metro Bekasi. Senin (16/10/2023) kemarin.

“Pelatihan ini kami gelar untuk mempersiapkan aparat kepolisian, TNI, dan Satpol PP dalam menghadapi potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi selama proses pemilu,” ujar Twedi.

Adapun kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Plaza Pemda Kabupaten Bekasi depan dengan diikuti peserta dari berbagai instansi, termasuk perwakilan dari TNI, personel Polres Metro Bekasi, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). 

“Keamanan masyarakat dan kelancaran pelaksanaan pemilu adalah prioritas utama kami,” sambung dia.

Pelatihan ini mencakup berbagai aspek, termasuk manajemen kerumunan, penanganan konflik, pengetahuan tentang hukum pemilu, serta koordinasi antara berbagai lembaga penegak hukum dan pemerintah daerah. 

Dengan Sispamkota, Yolanda berharap dapat meningkatkan profesionalisme aparat kepolisian dan instansi terkait dalam menjaga keamanan serta mendukung pelaksanaan pemilu yang aman dan damai di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Selain itu, hal ini juga akan memperkuat sinergi antara berbagai lembaga yang terlibat dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

“Semoga pelatihan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga stabilitas keamanan selama Pemilu 2024 dan memelihara kamtibmas di wilayah hukum Polres Metro Bekasi,” tandas dia.

(Tim)