Salah Satu Masjid Tertua di Cikarang Gelar Pawai Obor Dalam Rangka Sambut Malam Tahun Baru Islam

GUE JABAR | KABUPATEN BEKASI – Panitia Hari Besar Islam yang tergabung didalam Himpunan Remaja Islam Masjid Al-Muttaqien (HARISMA) mengadakan kegiatan pawai obor dalam rangka menyambut dan memeriahkan Tahun Baru islam 1 Muharam 1446 Hijriah, Sabtu malam 6/7/2024.

Tepat pukul 19.30 pawai obor dilaksanakan dengan start di depan Masjid Jamie Al-Muttqien Jl. Industri Buni Asih Karang Baru Cikarang Utara Bekasi, adapun untuk rute Jln Industri lalu perpatan SGC sampai jln Arif Rahman Hakim dan finis di depan Masjid Jamie Al-Muttqien.

Dede Ahong selaku Ketua panita pelaksana pawai ini mengatakan bahwa kegiatan ini dikuti oleh seluruh warga, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak dan beberapa Organisasi serta Komunitas akan ikut memeriahkan pawai obor tersebut, tentu saja tujuannya adalah untuk melakukan syi’ar Tahun Baru Islam.

“Pawai ini tentu sebagai bentuk menyiarkan Islam dan kegiatan pawai obor ini akan diikuti oleh seluruh lapisan masyakarat mulai dari anak – anak hingga orang dewasa dan juga beberapa ormas serta lembaga yang AA disekitar,” Ungkap Dede Ahong.

Ditempat yang sama Ketua DKM Masjid Al-Muttaqin Usatd Hasanudin HN mengatakan bahwa ini sering dilaksanakan namun semenjak Covid-19 terpaksa baru tahun ini dilaksanakan kembali dan berjalan sangat meriah.

“Kegiatan ini rutin kita laksanakan pada setiap malam pergantian taun baru Islam, dan semenjak covid-19 kita baru melaksanakan kembali kegiatan ini, dan Alhamdulillah seluruh masyarakat yang mengikuti ini sangat antusias sekali sehingga acara berjalan dengan sangat baik dan lancar,” Ungkapnya.

Ustad Hasan biasa disapa juga menyampaikan bahwa masjid Al-Muttaqin ini merupakan salah satu masjid ertua di Cikarang karena dibangun sejak tahun 1951 Masehi.

“Kita merupakan masjid tertua di Cikarang ini karena masjid ini berdiri sejak tahun 1951 dan Alhamdulillah setiap kita melaksanakan kegiatan banyak yang sangat membantu,saya ucapkan terima kasih kepada seluruhasyarakat yang sudah membantu hingga acara ini berjalan dengan lancar,” Tambahnya.

Masih kata Ustad Hasan, “Semoga ditahun yang selanjutnya kita kembali bisa mengadakan acara seperti ini lagi dan semoga bisa lebih meriah lagi acara seperti ini, malanini kita diiringi oleh Ondel – Ondel, Marching Band an Angklung semoga tahun depan kita bisa tambah lagi kesenian tradisional dalam acara pawai tahun depan,” Jelasnya.

Pawai obor ini dilaksanakan dengan suka cita guna menyambut Tahun Baru Islam yang merupakan bentuk takzim terhadap sejarah serta budaya Islam. Kegiatan tersebut juga untuk memperkenalkan sejarah Islam kepada generasi muda.

Tahun Baru Hijriah atau Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi, Peristiwa bersejarah itu terjadi pada 1 Muharam tahun baru bagi Kalender Hijriah.

Sejarah yang dimaksud adalah cerita Nabi Muhammad bersama Sayidina Abu Bakar RA hijrah dari Kota Mekah ke Madinah. Momen inilah yang kemudian menentukan Tahun Baru Islam 1 Muharam.

Mari jadikan cahaya api yang berkobar pada obor sebagai penerang dan api yang berkobar merupakan semangat juang masyarakat yang terus berkobar untuk syi’ar Islam.

Semoga tahun baru membawa secercah harapan baru. Semoga kita selalu berada dalam kedamaian dan kebaikan. Selamat Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah.

Selesai acara pawai obor 1 Muharram Panitia pelaksana pada tanggal 10 Muharram mendatang bertempatan pada tanggal 15 Juli 2024 akan mengadakan santunan anak yatim piatu. Yang bertempat di Masjid Jamie Al-Muttqien.

(Joy)

Related Articles

Stay Connected

20,826FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles