Lapas Kelas ll Cikarang, Adakan Pelatihan Pembuatan Paving Block dan Batako Press

Lapas Kelas ll Cikarang, Adakan Pelatihan Pembuatan Paving Block dan Batako Press

GJ ll Kab.Bekasi. –Lembaga Pemasyarakatan kelas IIA Cikarang bekali warga binaan dengan keterampilan pembuatan paving block dan batako press bekerjasama dengan LPK Puspa Antariksa.

Salah satu faktor yang membuat warga binaan yang habis menjalani pidana dan kembali ke lingkungan sosialnya namun masih melakukan pelanggaran hukum adalah karena minimnya bakat keterampilan untuk mencari pekerjaan.

Pemberian pembinaan kemandirian menjadi salah satu solusi yang diterapkan oleh Kementerian Hukum dan HAM pada Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) maupun Rumah Tahanan Negara ( Rutan)

Lapas Cikarang bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja ( LPK ) Puspa Antariksa membuat satu visi memberdayakan warga binaan melalui pemberian keterampilan di dalam Lapas.

Hasilnya pada senin pagi ( 15/03/2021) Lapas Cikarang membuka pelatihan pembinaan kemandirian berupa pembuatan paving block dan batako press di gedung kegiatan kerja.

Dihadiri oleh perwakilan LPK Puspa Antariksa Rio Zulkarnaen, Kepala seksi kegiatan kerja David Anderson, Kasubsi bimbingan kerja dan pengelolaan hasil kerja Nur Faldi Imam dan seluruh staf seksi kegiatan kerja, kegiatan pembukaan pelatihan tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah dan penanggulangan penyebaran Virus Covid -19 di dalam Lapas.

Dalam sambutannya David menuturkan kegiatan pelatihan keterampilan ini akan berlangsung selama 24 ( duapuluh empat ) hari.

Dan sebelumnya petugas kami telah melaksanakan assessment terhadap warga binaan dan tersaringlah 20 warga binaan yang dinilai dapat mengikuti pelatihan paving block dan batako press tambahnya.

Dari pelatihan pembuatan paving block dan batako press tersebut, nantinya kita akan manfaatkan nanti hasil kerja pelatihannya untuk mempercantik lapas kita ini, pungkasnya

Disamping meningkatkan keterampilan warga binaan, pembinaan keterampilan tersebut juga akan bermanfaat untuk organisasi jika sudah berjalan dengan baik dalam hal produksi, tutupnya.

(red)