BRI Kanca Cikarang Menyelenggarakan Acara Gathering Agen BRILink

Guejabar.com, Kabupaten Bekasi – BRI Kanca Cikarang menyelenggarakan acara Gathering Agen BRILink di Jababeka Golf & Country Club, Selasa (15/06/2021). Jam 09.00 s/d Selesai.

Dalam kesempatan itu, 15 para Agen BRILink sebagai perwakilan dari Agen BRILink kanca Cikarang mengajukan berbagai pertanyaan dan juga ide-ide serta masukan untuk membangun Laku Pandai Agen BRILink seluruh Indonesia, khususnya untuk wilayah Cikarang.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh, Ibu Retina Vandawati Sinulingga (Wakabag BRILink), Bpk Adi Kurniadi (Pinca BRI Cabang Cikarang), Ibu Eka Rositawati (AMPD BRI Cabang Cikarang), Bpk Jamhuri (AMPM BRI Cabang Cikarang), Bpk Syafrudin (AMPM Cabang Cikarang), dan PAB BRI Kanca Cikarang serta pegawai BRI Kancan Cikarang.

Perlu diketahui Agen Brilink BRI telah mendapatkan Sertifikasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) dalam mendukung Program Pemerintah untuk menciptakan Layanan Keuangan Inklusif. Agen Brilink menjadi penyedia jasa layanan keuangan bagi masyarakat yang belum tersentuh jasa keuangan. Sehingga melalui Agen Brilink, diharapkan Layanan Keuangan dapat menjangkau hinKgga ke pelosok Indonesia dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat baik nasabah maupun non nasabah yang lokasi domisilinya jauh dari Kantor Bank.

Pada kesempatan ini, Agen Brilink mendapatkan pemahaman mengenai Layanan Laku Pandai dan Layanan Keuangan Digital (LKD) serta layanan AMKKM di Agen BRILink. Agen Brilink BRI dapat melayani pembukaan rekening simpanan dan pinjaman (referral) dan menjual asuransi mikro serta melayani jasa keuangan lainnya sebagaimana fitur mini atm (setor dan tarik tunai, pembayaran tagihan PLN dan telepon, pembelian pulsa, Pembayaran Briva, Pembayaran Pajak, Pembayaran Cicilan Kendaraan, Pembayaran kartu Kredit dan Transfer ke sesama rekening BRI maupun rekening Bank lain) serta melayani transaksi T-bank yaitu uang elektronik BRI berbasis server dengan menggunakan nomor handphone sebagai pengganti nomor rekening.

Untuk Total agen BRIlink Cabang Cikarang 389 yang menggunakan EDC sebanyak 147, dan BRILink Mobile 242, Semuanya resmi binaan agen BRIlink kanca Cikarang. Pada kesempatan tersebut BRI kanca Cikarang memberikan hadiah kepada Agen BRIlink Inez pengguna Mesin EDC dan Agen BRIlink Mulyana pengguna BRIlink Mobile mendapatkan juara transaksi terbanyak.

Dalam acara tesebut ada beberapa sambutan dari pihak Bank BRI. Diantaranya dari Pimpinan Cabang Cikarang, Bapak Adi Kurnadi. “Semua keluhan dan masukan dari AgenBRILink selalu dipantau dan menjadi perhatian manajemen BRI, AgenBRILink adalah individu yang diberikan kepercayaan oleh BRI untuk melayani masyarakat dalam kegiatan inklusi keuangan/perbankan, Jadi AgenBRILink bukanlah sebatas penyedia jasa transfer di tengah masyarakat. AgenBRILink adalah kepanjangan tangan BRI dalam melayani jasa perbankan (Tabungan, Pinjaman dll.) AgenBRILink ke depan akan diberikan peran lebih luas khususnya dalam proses pengajuan kredit oleh masyarakat dimana AgenBRILink akan berperan sebagai pihak yang menilai kelayakan pemohon untuk menerima kredit dari BRI “ ungkap Kepala Cabang BRI Cikarang.

Dalam sambutan berikutnya Ibu Retina Vandawati Sinulingga selaku Wakabag BRILink memberikan penjelasan kepada para Agen BRILink, bahwa “AgenBRILink dibagi menjadi 3 kategori : Pemula, Juragan, Jawara. Kriteria tersebut menurut Wakabag BRILink ditentukan berdasarkan berapa lama seseorang telah menjadi Agen dan volume transaksinya, Maksudnya agar dalam setiap program agen berprestasi terjadi persaingan dalam kriteria masing-masing, dan juga Bank BRI sudah meniadakan pengadaan mesin EDC bagi AgenBRILink. Alasannya mesin EDC memiliki keterbatasan dalam proses upgrade system jika akan dilakukan penambahan fitur baru. Sebagai gantinya sedang disiapkan Mesin EDC berbasis ANDROID”.Tandasnya

Bapak Irprihatna selaku ketua Paguyuban Agen BRIlink, memberikan sambutan. “Bisnis keagenan bank pada masa mendatang akan menjadi primadona sebagai bidang usaha yang menjanjikan keuntungan, Tantangan bagi AgenBRILink adalah bagaimana bisa bertahan bahkan menjadi pemenang dalam kompetisi yang semakin ketat. Dukungan dari manajemen BRI sangat dibutuhkan oleh AgenBRILink dalam menjalankan roda usahanya namun di sisi lain AgenBRILink juga harus bisa mandiri dan terus berinovasi serta berkreasi tanpa ketergantungan kepada manajemen BRI”. Ungkap Ketua Paguyuban Bapak Irprihatna.

Disesion berikutnya tanya jawab seputar Agen BRIlink

Agen BRILink Toko ATK Iswadi mengeluhkan tentang agen BRILink yang tiba-tiba datang didekat agen BRIlink resmi Cikarang datang dari daerah lain yang bukan resmi agen BRIlink binaan kanca Cikarang.

Ibu Retina Vandawati Sinulingga selaku Wakabag BRILink menjawab pertanyaan tersebut, bahwa pertahun 2021 revitalisasi atau zonasi untuk mendataan Agen BRILink untuk kedepannya akan ditindak lanjuti.

(Iswadi/Red)