Kebutuhan Darah Meningkat, Stok Darah PMI Kabupaten Bekasi Menipis, Karang Taruna Desa Cibening Lakukan Kegiatan Donor Darah

Kebutuhan Darah Meningkat, Stok Darah PMI Kabupaten Bekasi Menipis, Karang Taruna Desa Cibening Lakukan Kegiatan Donor Darah

Guejabar.com, Kabupaten Bekasi – Selama pandemi kunjungan warga yang mendonorkan darah minim sehingga stok darah di PMI Kabupaten Bekasi sering menipis. Sebagai langkah menambah stok darah, Karang Taruna Desa Cibening, Kecamatan Setu melakukan kegiatan Donor Darah Di kantor Desa Cibening, Kecamatan Setu. Kamis (01/07/2021).

Agus Efendi menjelaskan kegiatan donor darah tersebut berawal dari keprihatinannya ketika melihat kondisi pasien yang sangat membutuhkan darah namun stok PMI Kabupaten sangat krisis stok darah.
“Tujuan donor darah ini untuk membantu unit transfusi darah PMI Kabupaten Bekasi yang ketersediaan stok darah saat pandemi berkurang, minimal kita ikut andil dalam menyelamatkan pasien atau penyitas yang memang sangat membutuhkan transfusi darah” terangnya pria yang akrab di sapa ketua Reges.

Donor darah yang di ikuti pengurus Karang Taruna Desa Cibening, Kecamatan Setu, para pemuda serta masyarakat umum ini sekaligus supaya lebih terdorong untuk berbagi dan berani donor darah.

“Harapan kami dengan kegiatan ini menjadikan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup sehat, serta dapat menjadi wadah untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial terhadap orang lain yg membutuhkan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Reges mengungkapkan kesulitannya dalam sosialisasi perihal donor darah di pandemi ini, selain ada ketakutan dari masyarakat di tambah lagi banyak pula dari warga yang baru menjalankan vaksinasi sehingga membuat mereka belum di perkenankan untuk melakukan donor.

Dikatakan Reges, untuk mengurangi risiko penularan virus covid-19 kegiatan donor darah tetap sesuai prokes. Peserta dan petugas mencuci tangan dan dilakukan pengecekan suhu tubuh.

“Alhamdulillah proses kegiatan berjalan lancar meski kami akui belum maksimal karena ada beberapa hal, tapi kami bangga dan sangat berterimakasih kepada semua yang terlibat dari PMI, Pemdes, kawan kawan karang taruna dan masyarakat yang sudah membantu.” Pungkasnya.

Proses kegiatan terlihat berjalan sangat tertib. Peserta juga menjalani pemeriksaan tekanan darah, cek Golongan darah dan HB serta menerapkan physical distancing selama proses donor darah sekaligus memakai masker.

(RG)