PT Mahakarya Berkah Madani (MBM) Rayakan Ulang Tahun Ke-2


Guejabar.com – Kabupaten Bekasi


Tepat di hari Kamis 5 Agustus 2021, kantor Cabang PT Mahakarya Berkah Madani yang terletak di Perum. Taman Sentosa blok B 02/7, Desa Pasirsari, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi merayakan hari jadi yang Ke-2.

Perayaan ulang tahun Ke-2 PT MBM hari ini berlangsung secara sederhana, karena dalam masa pandemi covid-19 dan pemberlakuan PPKM Darurat yang di intruksikan oleh pemerintah, jadi ala kadarnya, cuma beberapa mitra kita dan para staf kantor saja,” ucap Bangbang Alex selaku Pimpinan Cabang Kabupaten Bekasi kepada wartawan, Kamis (5/8/2021).

Perusahaan yang bergerak di bidang budi daya ternak lebah klanceng (Lebah Kelud) yang awalnya peternak madu mandiri biasa dan akhirnya membuat program UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk masyarakat. Madu klanceng berbeda dengan madu lain, madu ini dihasilkan oleh lebah klanceng atau yang dalam bahasa latin disebut levicep Trigona memiliki sejumlah keunggulan. kaya akan nutrisi, vitamin, mineral dan enzim yang sangat membantu memulihkan stamina serta perbaikan sel tubuh.

“Kandungan propolis dan bee pollen madu klanceng sangat tinggi, bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan terapi berbagai penyakit berat. Selain itu, madu klanceng dipercaya sebagai antioksidan kuat yang bisa melawan radikal bebas di dalam tubuh,” jelas Bangbang.

Madu ini juga memiliki fungsi sebagai anti bakteri,antibiotik dan anti peradangan. Bahkan mampu mengurangi kolestrol LDL, Hipertensi. Selain itu, madu dari lebah Klanceng Trigona ini sangat di sarankan bagi para penderita diabetes mellitus atau kencing manis.

100 gram madu klanceng, memiliki energy yang setara dengan 50 butir telur ayam. madu klanceng banyak dipergunakan oleh industri obat-obatan dan kosmetik.

Dengan beragam dan banyaknya manfaat, harga madu klanceng pun cukup tinggi, bahkan permintaanya pun semakin meningkat perbulannya terlebih dalam masa pandemi covid-19.

Melihat hal tersebut, Perusahaan Budidaya Lebah Klanceng, PT. Mahakarya Berkah Madani (MBM) menjalin kemitraan dengan lapisan masyarakat untuk membudidayakan lebah madu klanceng ini.

“Masyarakat yang berminat membudidayakan lebah madu klanceng trigona, bisa membeli 1 stup (Kotak) bibit lebah madu klanceng seharga Rp 1,2 juta,” terang Deden Angga selaku Manager Marketing.

Setelah masa pemeliharaan lebah selama empat bulan, madu klanceng yang dihasilkan akan dibeli oleh kami kembali dengan keuntungan bagi pembudidaya sebesar Rp. 400 ribu per stupnya.

Menurut Deden dengan perjanjian diatas materai, maka PT. MBM menjamin akan membeli setiap tetes madu klanceng yang dihasilkan oleh mitranya. Selain keuntungan dari penjualan madu klanceng, para mitra juga diberikan kesempatan untuk menjadi agen.

Agen adalah perwakilan penjualan stup lebah madu klanceng di setiap kecamatan, dalam hal ini satu Kecamatan dibatasi hanya boleh ada satu agen madu klanceng PT. MBM. Syarat menjadi agen adalah mitra harus memiliki minimal 50 stup lebah madu klanceng yang digunakan sebagai percontohan bagi mitra lain.

“Agen mendapatkan keuntungan dari penjualan stup lebah madu klanceng sebesar Rp. 60 ribu,- untuk setiap stup yang terjual,” ujar Wawan selaku mitra asal Kerawang.

Selain agen ada juga Mini Agen, yang diberikan hak untuk memasarkan stup lebah madu klanceng kepada calon mitra. Mini agen mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 30 ribu,- untuk setiap stup lebah madu klanceng yang terjual.


Persyaratan menjadi Mini Agen, adalah mitra harus memiliki minimal 10 stup lebah madu klanceng.

“Saya sudah Delapan bulan bermitra, tidak perlu keahlian khusus untuk budi daya lebah madu klanceng trigona ini. Stup atau kotak kandang lebah triagona cukup diletakan disekitar rumah, dan lebah pun akan terbang mencari makan sendiri hingga menghasilkan madu di dalamnya,” beber Edy Mitra asal Bojong Gede, Bogor.

Lebih jauh, pihak PT. MBM pun memberikan garansi akan mengganti jika ada bibit lebah yang mati, dengan bibit lebah trigona yang baru tanpa harus mengeluarkan kocek lagi.

Kemitraan yang dibangun sangat aman, nyaman bagi mitra, berbeda dengan kemitraan ternak lainya, karena berbadan hukum jelas ada produknya seperti madu, sabun dan kosmetik dan produk ini akan di Eksport ke luar negeri begitu juga akan dipasarkan di dalam negeri.

Bangbang Alex menjelaskan bahwa pihaknya akan menjaga komitmen bersama mitra untuk menghasilkan madu terbaik dan memberikan keuntungan bagi mitra atau masyarakat yang bergabung menjadi mitra PT MBM, serta memperluas jaringan selain pulau Jawa, Sumatera seperti Kota Palembang Dan Pekanbaru, Riau,” tutup Bangbang.

(ASP&Redaksi)