4 Teknologi Terbaru Di Era 2021 Dan Tren Perkembanganya

Gambar Ilustrasi oleh Nerissa Andria Karina

Guejabar.com || Di era saat ini teknologi memegang peranan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, kegiatan sehari-hari tidak lepas kaitannya dengan bantuan teknologi hal ini menjadi acuan dalam memajukan peradaban manusia dari cara berpikir maupun dalam menghadapi segala permasalahan, dan untuk mengasah pola pikir yang lebih abstrak dan kompleks agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman.

Dilansir dari laman The Teach Learn ada beberapa teknologi yang menjadi tren dari perkembangan teknologi baru di tahun 2021, berikut rangkumannya :

1.Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning

Kita sudah tidak asing dengan istilah Artificial Intelligence atau yang biasa disebut dengan istilah kecerdasan buatan. AI sudah dikenal karena berbagai inovasi kecerdasan buatan yang mumpuni, serta memiliki potensi untuk merevolusi setiap aspek dalam kehidupan sehari-hari seperti pekerjaan,mobilitas, bidang kedokteran, ekonomi dan komunikasi. Selain itu AI juga beperan penting di segala bidang industri, bisa mendeteksi dokumen palsu hingga pengolahan data, sedangkan Machine Learning merupakan cabang pengaplikasian dari AI yang dimana Machine Learning lebih berfokus pada pengembangan sebuah sistem yang cakupannya tidak jauh berbeda dengan AI seperti pengenalan gambar dan mendeteksi terjadinya kecurangan sistem maupun data yang palsu. Namun sebelum mengeluarkan hasil data machine learning membutuhkan bahan awal untuk dipelajari.

2.Otomatisasi Proses Robotik (RPA)

Sama seperti AI dan machine learning, RPA adalah perangkat lunak yang bisa membantu tugas-tugas dasar manusia agar lebih terstruktur. Contohnya adalah dalam memproses invoice, mengisi pembagian kerja bagi karyawan dan operator akan memasukan data ke dalam sistem IT sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Namun dengan adanya RPA bukan berarti untuk mengantikan peran manusia tetapi lebih membantu pekerjaan agar bisa lebih efektif. Menurut buku Tech Trends in Practice karya Bernard Marr Otomatisasi Proses Robotik atau RPA termasuk ke dalam 25 besar dari tren teknologi terbesar yang akan mengubah pada dekade berikutnya.

3.Teknologi Jaringan 5G

Saat ini jaringan 5G sangat berperan penting dalam mendorong kemajuan teknologi Artificial Intelligence, selain kecepatan jaringan yang didukung dari teknologi 5G , juga mendukung perkembangan dunia industri dalam menciptakan sebuah inovasi baru dan implikasi bisnis untuk penggunaan tampilan 3D, Manfaat teknologi 5G lainnya adalah adanya teknologi smarter homes and cities. 5G merupakan generasi kelima jaringan data nikrabel yang kecepatannya melebihi dari jaringan 4G maupun 3G dengan koneksi yang stabil dan memiliki kemampuan diantaranya bandwidth yang tinggi (kecepatan internet),dan tingkat delay jaringan yang rendah.

4.Keamanan Siber

Keamanan siber adalah teknologi terbaru lainnya dalam ilmu komputer. Dengan meningkatnya kejahatan dunia maya, perlunya peningkatan keamanan siber untuk menjaga dari tindakan peretasan seperti data maupun dokumen penting bisa bocor. Dimasa mendatang, ini akan menjadi salah satu teknologi yang paling populer yang kaitannya di bidang Information Technology dalam meningkatkan sistem keamanan dari data yang dijaga kerahasiaannya.

Sumber :

1.https://mtp.co.id/project/manfaat-robotic-process-automation-bagi-perusahaan/


2.https://www.knic.co.id/id/manfaat-teknologi-5g-bagi-industri


3.https://www.thetechlearn.com/latest-technology-trends/


4.https://www.youtube.com/watch?v=HcqpanDadyQ