Kolinlamil Bersama Wagub Jabar Hadiri Syukuran Muara Palijaya

Kolinlamil Bersama Wagub Jabar Hadiri Syukuran Muara Palijaya

GUE JABAR | KABUPATEN BEKASI – Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksma TNI Singgih Sugiarto dan Wakil gubernur Jawa barat , menghadiri syukuran laut dan sekaligus menyebut wilayah Muara Paljaya, Desa Sagara Jaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi bagaikan kantor kedua pasukan Kolinlanmil, Minggu (29/1/2023).

Pihak Kolinlamil sudah sering melakukan kegiatan di lokasi Muara Paljaya. Dari pembuatan pos pantau petugas TNI AL, pemasangan tenda-tenda komando sampai kapal jet ski milik Kolinlamil ada di lokasi yang di maksud di tahun 2023 telah dicanangkan penyelenggaraan kampung bahari nusantara yang di laksanakan serentak tingkat nasional.

“Dari sabang sampai Maraoke, khusus Kolinlamil kampung baharinya disini (Muara Paljaya), berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini dinas terkait akan kita bikin wow kampung bahari disini,” ujar Singgih.

Bukan itu saja, TNI Angkatan Laut juga sudah melakukan pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (SDA) di Muara Paljaya melalui pelatihan budidaya tambak ikan.

“Tambak nelayan sudah bebearapa kali panen sudah dirasakan dan juga program penanaman mangrove terus ada dari kantor Kolinlamil,” ucap dia.

Di lokasi yang sama, Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan kehadiran dirinya bersama TNI AL dan PJ Bupati Kabupaten Bekasi ke kampung Muara Paljaya telah melihat banyak potensi di wilayah itu.

“Bukan hanya potensi perikanan seperti biasa dari nelayan tapi juga ada potensi pariwisatanya dan kuliner. Disini tempatnya indah,” kata dia.

Untuk itu, kata dia, perlu ada pembangunan sarana dan prasarana seperti pembangunan dermaga, pengerukkan bibir pantai yang mengalami pendangkalan serta pembuatan kedai untuk UMKM warga pesisir muara Paljaya.

“Mudah-mudahan kehadiran saya ke sini, Saya bisa sampaikan ke pak Gubernur untuk memberi perhatian nelayan yang ada di sini, karena mereka (nelayan) beranggapan Pemprov Jawa barat belum ada perhatian signifikan terhadap masyarakat yang ada di sini,” ungkap dia.

Oleh sebab itu, lanjut dia, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengucapkan terima kasih kepada TNI AL yang berdinas di Kolinlamil karena telah membantu pemberdayaan dan pembangunan di wilayah Muara Paljaya.

Agus Syarif Setiawan sebagai Ketua kelompok nelayan Muara Paljaya mengatakan syukuran Muara 6 itu diantaranya nelayan Kampung Muara Tawar, Muara Paljaya, Muara Sungai Niri , Nelayan Sungai Muara Karatan, Nelayan Sungai Jingkem dan Sungai Rindub. Syukuran itu merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap tahun oleh para nelayan.

“Inti dari kegiatan ini, guna pelestarian dan kearifan lokal dalam rangka menuju masyarakat Bekasi berani dan sejahtera,” pungkas dia.

(Elon)