Komitmen Satgas Saber Pungli, Jadikan Bali Kawasan Wisata Zero Pungli

Komitmen Satgas Saber Pungli, Jadikan Bali Kawasan Wisata Zero Pungli

GUE JABAR | BALI – Lima hari menjelang hari raya Idul Fitri 2023 sekretaris satgas saber pungli Irjen Pol. Andry Wibowo memantau kesiapan pelayanan kepada para pemudik di pelabuhan Gilimanuk, kabupaten Jembrana Bali. Satgas saber pungli menindaklanjuti arahan presiden Joko Widodo untuk selalu memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pemudik yang disampaikan saat meninjau kesiapan pelabuhan Merak minggu lalu.

Inspeksi kesiapan pelabuhan Merak, kawasan Puncak Bogor, dan beberapa lokasi wisata di Yogyakarta, merupakan upaya pemerintah untuk menekan pungli di sektor pariwisata dan layanan transportasi umum. Andry Wibowo menyampaikan, ini bentuk komitmen kami selaku satgas untuk memberikan rasa aman dan menghadirkan pariwisata dan transportasi umum yang nyaman bagi para pemudik dan wisatawan.

Dengan semangat pencegahan, intelijen dan penindakan pungli di sektor transportasi publik dan pariwisata, kita berharap keselamatan, keamanan dan kenyamanan wisatawan dan pemudik pada lebaran tahun ini akan semakin baik. Apalagi tahun 2023 menjadi momen kebangkitan dan kemeriahan sosial di seluruh wilayah Indonesia pasca pandemi.

Selain pemeriksaaan kesiapan yang bersifat teknis seperti organisasi pengamanan dan tata kelolanya, kehadiran sekretaris Saber pungli di beberapa titik lokasi wisata di Bali dalam rangka membangun kembali kesadaran moral aparat pemerintah untuk senantiasa bekerja berdasarkan nilai moral sebagai pelayan publik. Perbaikan pelayanan negara menjadi bagian dari komitmen bersama untuk membangun citra pemerintah yang profesional, melayani dan berdedikasi.

Rangkaian kunjungan kerja tim saber pungli pusat ditutup dengan arahan dari sekretaris saber pungli pusat kepada seluruh tim saber pungli wilayah. Dalam pengarahannya Irjen Pol. Andry Wibowo meminta kepada seluruh tim di saber Pungli di Propinsi Bali untuk memberikan kerja terbaiknya di sektor layanan publik dan memperkuat komitmen serta tindakan tegas menjadikan Bali sebagai kawasan wisata bebas dari Pungli.

Sektetaris saber pungli mengapresiasi upaya yang telah dilakukan jajaran Saber pungli wilayah Bali selama ini. Bali bebas Pungli harus selalu diupayakan karena merupakan komitmen pemerintah untuk terus memperbaiki pelayanan publik, apalagi Bali sebagai daerah tujuan wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, Bali merupakan etalase Indonesia bagi dunia, tutup Andry.

(Tik)