FajarPaper Dukung Program Daur Ulang Sampah Plastik Rumah Tangga dan Giat bersih Sungai bersama REHAB Cikarang

FajarPaper Dukung Program Daur Ulang Sampah Plastik Rumah Tangga dan Giat bersih Sungai bersama REHAB Cikarang

GUE JABAR | KABUPATEN BEKASI – PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper), produsen kertas kemasan berbahan baku kertas daur ulang terkemuka yang merupakan anggota dari SCGP di Indonesia, mewujudkan komitmennya dalam merawat lingkungan hidup dengan memberikan 1 (satu) unit kendaraan bak sampah kepada komunitas River Healing Base (REHAB) Cikarang. REHAB Cikarang merupakan komunitas yang bergerak dalam menjaga kebersihan dan ekosistem sungai, selaras dengan komitmen FajarPaper dalam mewujudkan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Tim CSR FajarPaper dan PUK SP KEP SPSI PT Fajar Surya Wisesa Tbk, telah mengikuti rangkaian kegiatan yang diadakan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikarang dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional 2023 bersama REHAB Cikarang yang turut dihadiri oleh perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi dan Kecamatan Cikarang Barat. Rangkaian kegiatan tersebut meliputi demontrasi daur ulang sampah plastik, penyerahan 1 (satu) unit kendaraan bak sampah, giat bersih sungai, penanaman pohon di pinggir DAS Cikarang, dan tebar benih ikan.

Selanjutnya terdapat segmen yang khusus memberikan demonstrasi daur ulang sampah plastik rumah tangga, Ucok, sebagai salah satu relawan REHAB Cikarang, menjelaskan dan memperagakan langsung proses pengolahan sampah plastik rumah tangga yang tidak memiliki nilai ekonomis menjadi paving block. Paving block yang terbuat dari sampah plastik tersebut memiliki keunggulan seperti kuat, ringan, dan tidak berlumut. Proses daur ulang sampah plastik diawali dengan memilah sampah plastik rumah tangga yang tidak dilapisi aluminium foil, seperti plastik bungkus makanan ringan, mie instan, dan bungkus minuman kemasan. Dalam proses pembuatan paving blocknya masih menggunakan alat-alat sederhana yang juga dibuat dari sampah rumah tangga, seperti wadah peleburan sampah plastik dari panci rice cooker, cetakan dari besi bekas, serta wadah air dari tong bekas.

Luluk Ika selaku perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Bekasi mengatakan “Kami dari Dinas Lingkungan Hidup berterima kasih dan mendukung adanya bantuan kendaraan bak sampah dari CSR FajarPaper karena dapat membantu kami dalam mengedukasi warga untuk membuang sampah pada tempatnya.”

“Kami mendukung sepenuhnya program-program pelestarian lingkungan, khususnya pelestarian DAS Cikarang. Permasalahan yang ada di DAS yang terletak di Kab. Bekasi ini adalah kurang adanya rasa memiliki/kepedulian terhadap keberadaan dan manfaat sungai dari warga sekitar dan kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan di sungai. Harapan kami, ingin memberikan warisan sungai yang bersih kepada generasi selanjutnya.” lanjut Luluk.

M. Fauzan selaku Staff Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kecamatan Cikarang Barat menyampaikan “Kami dari Kec. Cikarang berterima kasih atas program bersih sungai dan penyerahan bantuan kendaraan bak sampah dari FajarPaper. Harapan kami dari Kec. Cikarang Barat, semoga apa yang telah kita lakukan hari ini dan bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar dan juga keberlangsungan lingkungan hidup kita kedepannya. Kami menghimbau agar masyarakat dapat lebih tertib dan teratur dalam daur ulang sampah, serta membantu menjaga kebersihan lingkungan.”

M. Yahya selaku Ketua REHAB Cikarang mengungkapkan “Setelah 4 tahun perjalanan kami dalam merawat sungai di Kab.Bekasi dan bantarannya, kami ingin berterima kasih atas sinergi dan dukungan dari instansi terkait. Kami berterima kasih kepada FajarPaper yang telah memberikan unit kendaraan bak sampah. Kendaraan tersebut membantu kami bergerak merawat sungai dengan mengangkut sampah-sampah yang ada di bantaran sungai.”

Joko Budi Santoso selaku Industrial Relations & Government Liaison Supervisor FajarPaper mengatakan “Kegiatan yang dilakukan hari ini memberikan edukasi terkait pentingnya mengolah sampah yang tidak memiliki nilai ekonomis menjadi barang yang berguna dan merawat sungai. FajarPaper terus mendukung kegiatan edukasi tersebut karena bermanfaat juga bagi warga di bantaran kali untuk tidak membuang sampah di sungai, serta dapat memilah sampah ekonomis maupun non-ekonomis yang bisa dimanfaatkan. Penyerahan 1 (satu) unit kendaraan bak sampah juga sebagai bentuk kepedulian FajarPaper kepada masyarakat dan partisipasi dalam merawat lingkungan, terlebih sungai Cikarang. Harapan kami semoga kendaraan ini bisa bermanfaat lebih banyak bagi masyarakat sehingga timbul kepedulian masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.”

(Erv)