Kadis DPMD Buka Kegiatan Bimtek dan Peningkatan Kapasitas Sekdes Se – Kabupaten Bekasi

Kadis DPMD Buka Kegiatan Bimtek dan Peningkatan Kapasitas Sekdes Se – Kabupaten Bekasi

GUE JABAR | BANDUNG – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Rahmat Atong secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis dan Peningkatan Kapasitas Sekretaris Se – Kabupaten Bekasi, Di hotel Savoy Homman Kota Bandung, Kamis (5/10/2023).

Tak hanya membuka kegiatan saja, Rahmat Atong juga menyetujui dan mengukuhkan atas terbentuknya Forum Sekretaris Desa (FORSEKDESI) Kabupaten Bekasi.

Dalam sambutanya, Rahmat Atong mengucapkan selamat dan apresiasi atas terbentuknya Forum Sekretaris Desa Kabupaten Bekasi. RA sapaan akrabnya juga memberikan semangat damn tekad kepada para Sekdes yang hadir dalam kegiatan tersebut

“Dengan terbentuknya Forum Sekertaris Desa Kabupaten Bekasi di harapakan agar lebih bisa menggali potensi di setiap desa masing -masing dan juga agar bisa membangun komunikasi yang baik sesama Sekdes dalam menjalankan tugas pokok dan sesuai dengan fungsinya”, ujar Rahmat Atong.

“Jadikan Forsekdesi sebagai wadah saling berbagi ilmu dan sebagai jembatan komunikasi. Iapun siap membuka peluang dan waktu bahkan mengundang Forsekdesi untuk komunikasi dengannya mengenai pemerintahan desa agar lebih baik lagi secara regulasi dan administrasi, Tapi bukan untuk melawan kepala desa”, ujarnya dengan nada tegas.

Pria yang pernah menjabat Camat Cikarang tersebut juga mengungkapkan rasa sedikit kekecewaanya atas kegiatan tersebut, karena kurangnya kekompakan. bukan tanpa alasan kekecewaan tersebut, pasalnya dalam kegiatan tersebut tak ikuti oleh seluruh Sekretaris Desa yang ada di Kabupaten Bekasi.

Dengan terbentuknya Forum Sekretaris Desa Kabupaten Bekasi, sekaligus Launcing harusnya dalam kegiatan ini bisa menunjukan kekompakan dan bisa di ikuti oleh seluruh Sekretaris Desa Se – Kabupaten Bekasi. Tak hanya untuk Bimtek saja, tapi juga untuk menjalin silahtuhrahmi antara sekdes satu dengan yang ainnya.

Dikesempatan yang sama, Sekjen APDESI Kabupaten Bekasi yang juga menjabat Kepala Desa Bojong Sari, Kecamatan Kedung Waringin, Mulyana S Muslim, menyampaikan bahwa peran penting Sekdes dalam pemerintahan Desa.

Sebab, Kata Mulyana S Muslim, walaupun menurutnya sekdes bukanlah orang No 2 di pemerintahan Desa akan tetapi No 1 dalam keilmuan Desa.

“Jabatan Sekdes itu dijabat oleh orang yang punya potensi dalam pemerintahan Desa,”ujar Mulyana.

Ia pun mendukung kegiatan tersebut, dan akan menyampaikan kepada rekan – rekan Kepala Desa lainnya agar kegiatan tersebut bisa dilaksanakan setiap tahunnya dan dialokasikan anggarannya sejak awal.

Berikut susunan Forum Sekretaris Desa Kabupaten Bekasj.
Ketua Forum : Komin Subarnas (Sekdes Desa Sukamurni Kecamatan Sukakarya)
Wakil Ketua I : Ali Gunawan (Sekdes Desa Burangkeng Kecamatan Setu)
Wakil Ketua II : H. Isin (Sekdes Desa Srijaya Kecamatan Tambun Utara)
Sekretaris I : Midih (Sekdes Desa Sukakerta Kecamatan Sukawangi)
Sekretaris II : Reza Pratama (Sekdes Desa Kedung Waringin Kecamatan Kedung Waringin)
Bendahara I : Hj. Ida Hamidah (Sekdes Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan)
Bendahara II : Dewi Sartika (Sekdes Desa Sukamulya Kecamatan Sukatani)
Koordinator Humas : Sahrudin (Sekdes Desa Sirnajati Kecamatan Cibarusah)

(Dayat)