Kali Cilemahabang Meluap, Korban Banjir di Cikarang Utara Dievakuasi

Kali Cilemahabang Meluap, Korban Banjir di Cikarang Utara Dievakuasi

GUE JABAR | KABUPATEN BEKASI – Ratusan Rumah di Desa Simpangan dan desa Mekarmukti, kecamatan Cikarang Utara, kabupaten Bekasi, terendam banjir dengan ketinggian mulai dari 50 centimeter, hingga 1.5 meter, Kamis malam ( 04/01/2024 ).

Hujan deras yang terjadi sejak Kamis siang, di wilayah kabupaten Bekasi, di duga menjadi penyebab terjadinya banjir, yang mengakibatkan meluapnya sungai Cilemahabang. Terpantau genangan air di Jalan raya Simpangan, mencapai 1.5 meter, yang mengakibatkan jalan tersebut di tutup oleh petugas kepolisian Polsek Cikarang Utara.

Untuk menghindari air yang semakin tinggi, petugas kepolisian, TNI serta aparatur pemerintahan setempat melakukan proses evakuasi kepada warga yang rumahnya terendam banjir. Serta di bantu tim relawan membagikan nasi bungkus dan air mineral kepada warga yang tidak mengungsi di karenakan harus menjaga harta benda dari pencurian.

Asep Hermawan, salah satu warga mengatakan, banjir terjadi sejak sore, dan keluarganya sudah mengungsi ke kantor desa setempat.

” Dari sore air sudah mulai naik, dan sekarang di dekat SD sana, sudah hampir 1.5 meter. Sebagian mengungsi di kantor desa, yang lainnya mengungsi di rumah saudaranya masing-masing” ujarnya.

Sementara itu, Camat Cikarang Utara, Enop Can, yang berada di lokasi, mengemukakan, Dua desanya terendam banjir dengan jumlah sekitar 700 kepala keluarga.

” Yang terkena banjir, Desa Simpangan dan Desa Mekarmukti, Totalnya hampir 700 kepala keluarga, saat ini kita masih lakukan proses evakuasi, terutama perempuan dan anak-anak, sebagian sudah mulai surut, tapi kita masih antispasi, mengingat hujan yang masih terus terjadi, selain karena hujan, ini juga banjir kiriman dari hulu ‘ ujar Enop.

Beberapa orang warga yang sakit, berhasil di evakuasi dan Langsung di bawa dengan ambulan ke lokasi pengungsian dan Rumah sakit. ( Sofyan )