Kampung Tangguh Jaya di Cabangbungin Tuai Hasil, Kasus Penyebaran Covid 19 Menurun Drastis

Kampung Tangguh Jaya di Cabangbungin Tuai Hasil, Kasus Penyebaran Covid 19 Menurun Drastis

GJ ll Kab.Bekasi – Kampung Tangguh Jaya yang berada di Desa Lenggah Jaya, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi mulai menuai hasil. Pasalnya penurunan kasus penyebaran Covid-19 dapat ditekan dengan mengedukasi masyarakat walau pun di tengah bencana banjir yang menimpa sebagian wilayah di Kecamatan Cabangbungin.

Kapolsek Cabangbungin, AKP Sukarman menuturkan, melalui program Kampung Tangguh Jaya, edukasi perihal pentingnya penerapan protokol kesehatan (prokes) dilakukan secara masif.

“Saya lihat perkembangannya, informasi dari ketua kampung tangguh, sebelumnya di Desa Lenggah Jaya itu ada enam kasus, perkembangan waktu sekarang ini tinggal satu,” kata AKP Sukarman saat dikonfirmasi, Jumat (27/2/2021).

AKP Sukarman menjelaskan, pembangunan program Kampung Tangguh Jaya di wilayahnya memang belum berjalan secara menyeluruh. Keberhasilan di Desa Lenggah Jaya selanjutnya akan ditularkan ke desa-desa lain agar bisa dicontoh dan diterapkan secara efektif.

“Kedepannya akan kita lakukan secara menyeluruh ke desa-desa lainnya yang berada di Kecamatan Cabangbungin. Di Kecamatan Cabangbungin ada delapan desa,” ucapnya.

Menurut AKP Sukarman, keberadaan Kampung Tangguh Jaya berperan dalam menciptakan masyarakat yang peka dan tanggap dalam penanganan penyebaran Covid 19.

Untuk teknis pelaksaan Kampung Tangguh Jaya yakni, membentuk perangkat monitoring dengan melibatkan beberapa elemen.

Anggota kepolisian kata dia, dibantu perangkat TNI, petugas kesehatan di tingkat desa serta elemen RT/RW sama-sama secara rutin mengedukasi.

“Keberadaan aparat Desa dan petugas-petugas di lapangan sangat berpengaruh sinergitasnya terbangun,” ucapnya.

“Secara teknis pertama berkaitan dengan himbauan-himbauan, pembagian masker, terus memantau wilayah agar tidak terjadi kerumunan, supaya warga terhindar dari penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Warga di Kampung Tangguh Jaya di Desa Lenggah Jaya saat ini lanjut dia, secara moral sudah dapat mengedepankan pentingnya protokol kesehatan Covid-19.

Meski Kecamatan Cabangbungin masuk dalam zona kuning penyebaran Covid-19, warga di Kampung Tangguh Jaya telah teredukasi dan mengerti secara bijak.

“Secara moral, berpengaruh pada perubahan prilaku sudah nampak, warga mulai mengetahui kalau misalnya enggak pakai masker di luar rumah itu tidak benar,” tuturnya.

“Jadi prilaku masyarakat juga mulai terbentuk dengan keberadaan Kampung Tangguh Jaya tersebut,” tutup AKP Sukarman.

(A.riri-red)

Related Articles

Stay Connected

20,826FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles