Luar Biasa Kegiatan Penyuluhan dan Pencegahan Bahaya Narkoba Desa Hegarmanah Bersama Karang Taruna

Luar Biasa Kegiatan Penyuluhan dan Pencegahan Bahaya Narkoba Desa Hegarmanah Bersama Karang Taruna

Guejabar.com, Kab.Bekasi – Pemerintah Desa Hegarmanah Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, telah menggelar penyuluhan dan sosialisasi bahaya narkoba oleh Karang Taruna pemuda pemudi desa dengan tujuan untuk meningkatkan SDM masyarakat. Kegiatan tersebut digelar di Pendopo Desa Hegarmanah pada Minggu, 23 mei 2021.

Dengan adanya kegiatan itu, banyak orang yang antusias dari tokoh masyarakat dan pemuda pemudi Desa Hegarmanah.

Bahkan juga dihadiri oleh Dan Garda Sakti Sekata (Satuan Bakti Serba Guna Karang Taruna) Kabupaten Bekasi, LBH Karang Taruna Kabupaten Bekasi, Gerakan nasional karang taruna anti narkotika (Garnas Kartika) Kabupaten Bekasi, Ketua dan pengurus Karang Taruna Kecamatan Cikarang Timur, Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan unsur pemerintahan Desa Hegarmanah.


Kades Hegarmanah H. Amid Suhendra F. A.md, sengaja melakukan kegiatan ini dalam rangka penyuluhan tentang bahaya bagi kalangan anak muda, Bahkan beliau menyatakan siap mendukung segala bentuk kegiatan dan kreativitas pemuda melalui Karang taruna.

“ayo pemuda itu harus kreatif dan lebih berinovasi lagi dalam membangun dan memajukan desa Hegarmanah khususnya dan Negara Indonesia tercinta ini pada umumnya, saya (kades, red) siap mensuport karena memang ada anggaran nya dari pemerintah dan ini merupakan dana milik masyarakat untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.” Ucap kades yang akrab di sapa pak Kuwu.

Amid berpesan, agar para anak muda tidak melakukan sebuah kesalahan fatal untuk mencari jati diri dan harus lebih cerdas meraih prestasi tanpa narkoba.


“Jangan sampai anak-anak muda melakukan kesalahan yang fatal dalam mencari jati diri, kalian bisa jadi apa saja, dari polisi, tentara, pejabat desa, tapi semua bisa hancur gara-gara kalian bermain narkoba, hati-hatilah dengan bahaya narkoba dan perbanyaklah ibadah,“ pesannya.

Ahmad Fatoni ketua Karang Taruna Desa Hegarmanah, Kecamatan Cikarang Timur mengutarakan rasa terimakasih nya kepada Kepala Desa beserta jajaran, dia mengatakan dengan terealisasinya kegiatan ini amat sangat penting guna mengarahkan pemuda untuk berfikir dan bersikap postif.

“Kami (karang taruna desa hegarmanah, red) sangat bangga dan berterimakasih kepada bapak kepala desa dan jajaran yang telah terealisasikan usulan kami ini, terlebih lagi kegiatan ini juga turut hadir karang taruna dari tingkat kecamatan bahkan kabupaten bekasi, tentunya kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat sekali bagi saya dan kawan kawan pengurus, anggota dan warga karang Taruna desa hegarmanah ,” kata pemuda yang biasa di sapa toyang.

Ahmad Fatoni berharap, untuk bersama-sama perangi narkoba serta hidup sehat. Hal ini perlu dukungan semua pihak untuk anak-anak muda di Desa Hegarmanah, khususnya dan seluruh pemuda Indonesia pada umumnya.


“Mari kita bersama-sama hidup sehat tanpa narkoba,” paparnya.

Tak hanya itu untuk generasi muda serta masyarakat, Ridwan Abas Ketua Garnas Kartika Kabupaten Bekasi juga menjelaskan tentang penyuluhan bahaya narkoba.


“Kami mengharapkan tentang bahaya narkoba khususnya bagi generasi muda, se bisa mungkin kaum muda menghindari Narkoba demi masa depan bangsa.” Ucap Ridwan selaku narasumber acara.

Deny Pramiady SH. Ketua LBH Karang Taruna Kabupaten Bekasi selaku naradumber bidang hukum juga menegaskan, selain upaya penegakan hukum, sisi preventif memang tak boleh dilepaskan demi mewujudkan masyarakat yang bersih dari penyalahgunaan narkoba.

“kawan kawan harus hati hati dan serius dalam pencegahan persoalan penyalahgunaan gunaan narkoba, karena dampaknya luar biasa apalagi kalau sampai tertangkap dan berurusan dengan hukum jika terbukti bersalah bisa di sangsi kurungan penjara paling singkat empat tahun enam bulan,”terangnya.

Ali umar selaku ketua karang taruna kecamatan Cikarang timur serta Acep Juandi Spd selaku ketua Garda Sakti Sekata Kabupaten Bekasi yang turut hadir, di dalam masing masing sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang di lakukan oleh pemerintah desa Hegarmanah bersama karang taruna desa Hegarmanah atas kepeduliannya terhadap upaya pencegahan narkoba bagi pemuda. Mereka sama sama memiliki komitmen siap bersedia terus memantau dan mendampingi kawan kawan karang taruna tingkat desa demi kemajuan Karang Taruna dan pemuda.

Acara tersebut berjalan dengan sangat baik dengan menerapkan Protokol Kesehatan dengan ketat serta di tutup dengan tausiyah dan doa yang di sampaikan dan disampaikan oleh Kyai Abdul Rojak pimpinan pondok pesantren Nurul Falah Hegar Mukti.

Reporter : RG