Pemdes Pasirsari Terus Lestarikan Budaya Bangsa Melalui Seni Bela Diri, Jurus Cibarusahan Asli Kabupaten Bekasi

Pemdes Pasirsari Terus Lestarikan Budaya Bangsa Melalui Seni Bela Diri, Jurus Cibarusahan Asli Kabupaten Bekasi

GUE JABAR | KABUPATEN BEKASI – Pencak Silat merupakan salah satu seni beladiri yang sudah ada sejak abad ke-17. Yang mana dalam catatan sejaran Seni ketangaksan bela diri ini ikut berperan aktif dalam perjuangan melawan penjajah.

Di desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. Merupakan salah satu tempat berlatih anak anak usia dini, umur 8 sampai 15 tahun, dalam melatih dasar seni bela diri jurus Cibarusahan. Sabtu (7/1).

Jurus Cibarusahan yang di kembangkan Raden Cecep yang merupakan cucu keturunan ke 3 Ki Sena Putra selaku pemilik jurus Cibarusahan yang asli dari Cibarusah Kabupaten Bekasi.

Jurus ini terus berkembang di berbagai pelosok Kabupaten Bekasi, Jurus Cibarusahan ini pun, di kembangkan kepada anak anak di wilayah Desa Pasirsari tepatnya di lapangan Pandan.

Di gagas oleh Karang Taruna desa Pasirsari H. Rifa Yusrizal dan kepala desa Pasirsari H. Suparta sebagai dewan pembina, turut serta melesatarikan budaya bangsa di Kabupaten Bekasi melalui Pencak Silat jurus Cibarusahan.

H. Suparta selaku kepala desa Pasirsari mengatakan bahwa ini untuk meningkatkan kegiatan dan mengenalkan budaya bangsa kepada anak sejak usia dini karena murid di Pasirsari mulai anak dari usia 6 tahun hingga dewasa.

“Kegiatan ini guna melestarikan budaya bangsa dan untuk mengenalkan seni pencak silat kepada penerus kita, karena yang berlatih disini anak dari usia dini hingga dewasa,” Ungkapnya.

Masih kata H. Suparta, “Selain untuk mengenalkan budaya, ini juga untuk pembekalan diri karena seni pencak silat ini juga untuk membekali mereka nantinya untuk bela diri,” Tambahnya.

Ditempat yang sama H. Rifa Yusrizal mengatakan ini digagas untuk keaktifan dan membuktikan bahwa kita lakukan pemberdayaan di masyarakat dan ini adalah salah satu fungsi sosial Karang Taruna.

“Ini merupakan salah satu kegiatan sosial kita selaku Karang Taruna dalam memberdayakan masyarakat dan salah satu kegiatan sosial yang sangat efektif,” Terangnya.

“Dan ini juga salah satu kegiatan unggulan kita, dan Algamdulillah kita juga sudah sering mendapatkan undangan dari setiap acara kegiatan seni dan budaya di Kabupaten Bekasi, untuk menampilkan anak asuh yang sudah berlatih disini,” Pungkasnya.

(Elon/Erv/Redaksi)