Menjaga Kearifan Lokal, Satgas TMMD Bantu Warga ( Nganco )

Menjaga Kearifan Lokal, Satgas TMMD Bantu Warga ( Nganco )

Kabupaten Bekasi – Ada sisi unik di balik kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) 119, Kodim 0509 Kabupaten Bekasi, Di tengah waktu istirahat, beberapa anggota TNI yang sedang bertugas di lokasi TMMD terlihat sibuk membantu seorang ibu yang sedang mencari ikan di aliran sungai kecil yang berada di sisi sawah, di Kampung Lemahabang, Desa Karangmukti, Kecamatan Karangbahagia, Kabupaten Bekasi. Jum’at sore ( 15/03/2024 )

Koptu Budi, yang juga anggota Babinsa Setempat, Bersama personil Armed 7 Bringgalih, Terlihat sibuk membantu beberapa ibu-ibu yang sedang mencari ikan dengan menggunakan Anco ( Alat Penangkap Ikan Tradisional ).

” Inilah salah satu Kearifan Lokal yang harus kita jaga, Nganco merupakan istilah yang digunakan oleh warga sekitar untuk menangkap ikan menggunakan anco. Kebiasaan ini sudah dilaksanakan sejak jaman dahulu dan terus dilaksanakan hingga saat ini pada waktu-waktu tertentu ” ujarnya

Koptu Budi juga menambahkan, Anco sendiri merupakan salah satu alat menangkap ikan yang menggunakan jaring. Biasanya dibuat menggunakan bahan dasar bambu maupun kayu persegi, berukuran 1 x 1 m, dengan jaring di rangkai pada bagian tengah rangka. Sebagai salah satu metode menangkap ikan, Anco merupakan suatu alat yang dapat dibilang aman dalam penggunaannya dan tidak membahayakan lingkungan. ( Sofyan )