Pemagaran SDN Kertasari 01 Diduga Tidak Sesuai Spek, LSM SIRA : Pengawas Dan Konsultan Jangan Tutup Mata

Pemagaran SDN Kertasari 01 Diduga Tidak Sesuai Spek, LSM SIRA : Pengawas Dan Konsultan Jangan Tutup Mata

GUE JABAR | Kabupaten Bekasi – Pekerjaan pembangunan Pemagaran SDN Kertasari 01, Kelurahan Kertasari, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, yang sedang berjalan diduga tidak adanya pantauan sama sekali,baik dari Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang.Pengawas maupun konsultan, dalam pelaksanaan pekerjannya pun sampai hari ini mengabaikan K-3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

Proyek dengan judul Pemagaran SDN Kertasari 01, pagu anggaran senilai Rp.173.989.835.50; melalui Dinas Cipta Karya Dan Tata Ruang.Nomor : PG.02.02/230/SPK/UPTBANGUNAN.III/2022.yang di kerjakan oleh PT.Bintang Timur Bersinar,dengan lama pekerjaan 45 hari kalender.

Ketika pengawas di konfirmasi Awak Media melalui via Chat whatsapp perihal lantai kerja,batu pondasi telapak dan strauss pile, maupun K-3 yang sampai sekarang masih berjalan belum mendapat jawaban sama sekali.Mengenai pembangunan pemagaran SDN Kertasari 01,tidak dan belum adanya juga pengarahan oleh konsultan maupun pengawas, sampai berita ini terbit. Selasa 22/11/2022.

“Yusuf Supriyatna sebagai koordinator jabar DPP LSM SIRA (Suara Independen Rakyat Adil) sangat geram melihat kegiatan pemagaran SDN Kertasari 01 yang diduga sudah melenceng dari Speksifikasi atau Rancangan Anggaran Biaya (RAB).Pasalnya ketika “Saya bersama tim mendatangi kegiatan tersebut, ada beberapa pekerja yang sedang menggali tanah dan pemasangan batu.

“Juga dari pantauan kami pekerjaan terihat berantakan, tidak memakai lantai kerja, batu pondasi telapak dan setrauss pile, pekerjaan hanya digali untuk bikin pondasi saja dan pegangan besi selup”.Sangat dikhawatirkan pekerjaan pemagaran tidak bertahan lama karena untuk pertahanan tiang pemagaran yang tidak mengunakan pondasi telapak dan strauss pile, tidak akan kokoh dan rentan roboh, karena tidak ada dasarnya yang kuat untuk pegangan tiang,”terangnya.

“Saya minta ketegasannya untuk Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang agar segera mengevaluasi dan melakukan penataan ulang untuk pemagaran sekolah SDN Kertasari 01 supaya kokoh dan kuat dan dapat bertahan lama agar tidak di khawatirkan ambruk,”.

“Saya minta kontraktor PT.Bintang Timur Bersinar di blacklist,supaya menjadi efek jera dan untuk di jadikan contoh bagi kontraktor-kontraktor nakal lainya,yang hanya ingin meraup keuntungan besar tanpa memikirkan kualitas bangunan,”tegas Yusuf Supriyatna.

(Dayat)